Pengalaman Hamil saat Covid-19

16:29

Hello world!

Apa kabar nih? udah lama banget aku ga sharing di sini.

Long story short, I've been married for 2 years dan finally we're expecting a BABY!!


Pertama kali TEST PACK itu pas baru telat beberapa hari menstruasi, aku pakai merk biasa aja, lupa namanya apa, dan hasilnya 2 garis tapi masih samar. My point here is not about the brand, but the timing. Kalau terlalu cepat hasilnya mungkin ga akurat. hihi.

Kemudian coba test pack lagi minggu depannya, pakai testpack merk Sensitif, hasilnya 2 garis jelas.

Tanda-tanda apa sih yang sudah aku rasakan? Awalnya payudara berasa lebih kencang mengeras saja. Kemudian di usia 5 minggu, itu sudah mulai mual-mual, muntah, dan tidak tahan aroma makanan yang menusuk, hidung jadi lebih sensitif.

Minggu berikutnya (20 Juni 2020) baru kami kontrol ke dokter (itu terhitung sudah 6 week 4 hari sejak hari menstruasi terakhir).

Kami memutuskan memilih RS Gading Pluit, Kelapa Gading, Jakarta Utara, karena beberapa konsiderasi:

1. Lokasi terdekat dengan rumah

2. RS Gading Pluit tidak menerima pasien Covid19

3. Ada rekomendasi dokter Obgyn dari temanku (dr. Miranty Firmansyah L., Sp.Og)


Pengalaman pertama USG:

Kalau baru hamil (usia kandungan di bawah 10 minggu), maka USG akan menggunakan USG Transvaginal (bukan alat yang di perut, tapi memasukan suatu alat ke vagina). Untungnya sebelumnya sudah pernah googling jadi ga begitu kaget.

Puji Tuhan, sudah ada kantong janin, sudah terlihat sebuah titik juga (janinnya), bahkan sudah terdengar loh detak jantungnya. Hebat ya alat USG, walaupun 2D.

Yang penting itu jangan terlalu cepat untuk kontrol pertama, karena beberapa pengalaman teman-temanku, mereka yang terlalu awal malah belum ada kantung janin / janinnya belum terdeteksi oleh alat USG, malahan perlu cek darah yang canggih dan tentunya itu menguras biaya kan.

But sometimes, it's not always a good story.

Kata Obgynku, di rahimku ada KISTA, 4 titik :') ukurannya tidak terlalu besar, yang terbesar itu berukuran 4.5 cm. Tidak ada hal apapun yang bisa dilakukan saat ini selain memantau saja. Dan tentunya aku selalu berdoa juga supaya kistanya tidak mengganggu seluruh proses kehamilan ini.

Apa sih efek buruk dari Kista pada kehamilan? Teman-teman bisa googling ya...

Review dr. Miranty F.L, Sp.OG:

Dokternya masih muda, cukup ramah, ga keliatan muka karena pake masker. Sopan dan bicaranya lumayan blak-blakan. Aku sekali kontrol berdurasi 20 menitan (kata temen-temenku sih ini uda lumayan lama).


Lalu gimana dengan biaya kontrol / periksa kandungan di tahun 2020 ini?

RS Gading Pluit: (gambar slip pembayaran aku lampirkan di bawah ya)

    -USG Transvaginal + Biaya Konsultasi Dokter Obgyn + Admin + Cetak Foto (Rp 25.000/lembar) = Rp 805.200

    -Vitamin Blackmores Pregnancy + Obat Mual Narfoz = Rp 918.000

Kuitansi Kontrol Kehamilan RS Gading Pluit 2020
USG Transvaginal RS Gading Pluit 2020


Kuitansi Vitamin Kehamilan RS Gading Pluit 2020

Review Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold
Sesuai rekomendasi dokter, untuk vitamin kehamilan aku minum Blackmores Pregnancy yang Gold.
Ada tips nya bagi yang sering mual, minumnya dibagi 2x (karena dosisnya 2 kapsul per hari), jadi di awal kehamilan, aku minum 1x saat setelah makan siang dan 1x setelah makan malam.
Efek samping minum vitamin ini adalah sulit BAB (buang air besar), kebetulan di aku sih begitu, karena di awal kehamilan kan memang mual muntah parah, jadi sepertinya memang kurang minum, kurang serat dan kurang gerak. Lengkaplah sudah.

Review Narfoz 8mg (obat mual)
Sedangkan obat mual ibu hamil (Narfoz) ini diminum 30 menit - 1 jam sebelum makan, dosisnya sampai 3x sehari. Tapi karena mahal ya buibu (Rp 34.900 / butir), maka aku agak irit-irit minumnya 2x sehari untungnya masih kuat.
Seefek dan seampuh itu loh obat ini, begitu minum, di aku sih langsung ketahan gitu efek ingin muntahnya, mual sih masih sedikit, tapi jadi bisa makan (dan yang paling penting, ga muntah setelah makan).

Sementara sekian dulu sharingku, semoga membantu bumil-bumil dan buibu promil ya :)

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Connect with me

Agatha Gabriele



Instagram @agiigaby


@agiigaby

Lihat profil LinkedIn Agatha GabrieleLihat profil Agatha Gabriele

Share your comments

Subscribe