Re-post: LOL Rafael 2012

16:07

Hey guys,

Weekend lalu, gw baru saja ikut acara Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Misdinar Santo Rafael, ato yang biasa dikenal dengan sebutan "EXODUS RAFAEL". Kali ini, panitia mengambil tema LOL "Lead or be Lead".

Pada kesempatan kali ini, gw diminta bantuan oleh pengurus untuk gabung dalam kepanitiaan, khususnya menjadi seksi acara.
Overall, persiapan nya cukup mepet. Tapi acara nya cukup dikemas dengan baik. dan semua rencana di modul bisa berjalan seperti yang diinginkan.

Ini adalah LDK Misdinar ke4 yang pernah gw ikuti, dan gw rasa, tiap LDK jadi semakin kreatif, gw suka itu :D Ini menandakan kalo kepanitiaan ato kepengurusan sebelumnya berhasil mengajarkan ato meneruskan hal baik kepada yang selanjutnya.

Okay. Sekarang gw mau cerita sedikit seputar jalannya LOL Rafael ini (22-24 Juni 2012). LDK ini dilaksanakan di Santa Monica 1, Desa Pancawati, Bogor.


Day 1
Panitia kumpul di gereja jam 4 pagi. Gw uda sengaja telat2in dikit, tapi tetep aja banyak yang pada ngaret. Hmmmm peserta datang pk 5 an. Dan kami berangkat sekitar pk 6 an naik tronton.


ketua panitia: richard, sie acara: gabz and ko rendy


Kami sampai disana sekitar pk 8. Lsg diawali dengan opening singkat dari Ko Rendy, pembacaan peraturan, perkenalan panitia, games bagi kelompok, debat singkat gara2 telor mereka u/ makan ada yang uda pecah (disini gw ajak mereka berargumen, dan it took around 40 minutes -_-) --> makan siang, sesi2, snack mandi, sesi lagi,
BRING ME IN -- disini mereka harus presentasi ttg diri mereka sendiri+ jawab pertanyaan acuan seputar keinginan mereka menjadi pengurus. lanjut makan malam, dan BUTTERFLIES at NIGHT!
apa itu?
ini semacam solo night malam2. mereka harus melewati 3 pos.
POS 1 : POS Mental (gw kebagian di pos ini, dan okay, gw terpaksa harus jadi tegas dan melatih mental mereka)
POS 2 : POS SHARING. Disini peserta akan diajak sharing o/ fasilitator mereka masing2, yang tujuannya supaya mereka akan lebih mengenal diri mereka masing2.
POS 3 : POS Iman. Pos ini dibawakan oleh frater, ko glen, dan ko rendy.
Lanjut evaluasi malam, dan tidur. Itu uda sekitar jam 2 pagi.


peserta: airin, sebelum pos 1


Day 2
Peserta dibangunkan sekitar pk stenga 7, dan lanjut tracking naik gunung --> Sarapan --> sesi kikik tentang Maturity ---> dan DE PLAIN AIR (games outdoor)
Games 1 : Escape . Ini pos gw dan keegan, mereka harus nyebrang kotak-kotak gitu


suasana pos escape


Games 2 : Rolling in the thing. Ini mereka harus estafet air dengan spons
Games 3 : Handicap people. Ini mereka diberikan keterbatasan, tp harus bisa mencari kelereng di dalam kolam.
Games 4 : Lupa namanya, tapi kalo di LDK lalu, namanya entrapment, mereka harus merayap bareng2 menyebrang gitu.
Games 5 : Pindahin bola pake tali

Games Team Building:
1. Nyebrang rame2 pake kardus
2. Lompat bareng2 kiri kanan gitu

Lanjut --- Presentasi Project POP. ini mereka harus mempresentasikan proposal acara yang mereka buat sendiri ---> Makan malam ---> Renungan malam --> Tidur

Dan tengah malam itu diadakan sidang tiap kelompok, yang tujuannya untuk mengadu domba mereka antar peserta di dlm 1 kelompok, melihat kesolidan mereka, dan melihat cara mereka mengambil keputusan dalam waktu singkat.

Day 3
Bangun pagi, sarapan, sesi frater, lalu LOL. Disini dibuat sebuah scenario "sebenernya kejadian sebenarnya sih". Dalam sesi LOL ini, peserta dituntut bagaimana cara mereka problem solving dan diajarkan untuk berani SPEAK UP.
Setelah itu acara penutup, lempar2an balon air, pembagian sertifikat, misa, makan siang, dan nunggu pulang deh.
Sambil nunggu pulang yang tronton nya lama banget datangnya -___-, peserta bebas mau ngapain aja. Dan ada reward panitia jg. Gw dapet reward panitia tercantik dan terdewasa. ihiiiyyyy :D


foto sebelum pulang~

ledyan - gabi - gabs


Begitulah seputar LOL Rafael 2012. Semoga bermanfaat untuk banyak pihak :D

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Connect with me

Agatha Gabriele



Instagram @agiigaby


@agiigaby

Lihat profil LinkedIn Agatha GabrieleLihat profil Agatha Gabriele

Share your comments

Subscribe