Dampak sebuah habit

17:12

Hai hai, masih melanjutkan topik "Habits" yang gw bahas minggu lalu...
*berhubung kemarin habis ikutan Care Group lagi, dan topiknya masih ttg Habit

Kalian pernah denger yang namanya Broken Window's Theory?
Teori ini biasanya dipakai dalam bidang kriminologi.
Teori tersebut pada intinya berasumsi bahwa ketika ada 1 jendela pecah yang dibiarkan terus menerus, lama kelamaan akan diikuti dengan pecahnya jendela yang berikutnya, dan seterusnya.
ilustrasinya seperti ini:
ada sebuah rumah tua yang jendelanya pecah "ada celah", ketika dibiarkan begitu saja, orang2 yang melihatnya, entah ada yg iseng, ada yg mabuk, dsb, akan coba2 memecahkan juga untuk meyakinkan apakah memang itu tidak berpenghuni. selanjutnya jika tetap dibiarkan, akan semakin banyak org yg memecahkan, bahkan pada akhirnya berani memasuki rumah tersebut.

bila dikaitkan dengan habits, jika kebiasaan kita biarkan terus menerus terjadi, entah itu baik ataupun buruk, lama kelamaan dampaknya akan semakin besar, dan bahkan untuk memperbaikinya pun semakin sulit.

jika ternyata habit kita baik, itu bagus. Namun jika ternyata habitnya buruk dan malah merugikan diri kita dan orang lain, gimana hayo?

Yuk refleksikan diri kita, apa sih habit buruk yang masih kita biarkan terus menerus? Mulai pikirkan langkah awal untuk perlahan-lahan mengubahnya.

ada yang mengatakan bahwa jika kita berhasil melakukan sesuatu selama 21 hari berturut2, itu akan menjadi habit kita. coba yukk!

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Connect with me

Agatha Gabriele



Instagram @agiigaby


@agiigaby

Lihat profil LinkedIn Agatha GabrieleLihat profil Agatha Gabriele

Share your comments

Subscribe