Sudah baik kah habitmu?

00:35

Malam guys, kemarin gw datang ke Care Group yang utk bulan ini sedang bertemakan Habits. Tentunya penting buat kita, utk semakin mengenal habits kita. Kenapa sih emangnya?

Menurut gw pribadi, ini penting karena habits kita ga selalu baik. Nah, habits buruk yang selama ini kita punya * sadar atau tidak sadar * akan dilihat dan mungkin berdampak pada orang di sekeliling kita. Dan ending2nya, dari habits pun akan menentukan jadi apa diri kita di masa depan.

Di Care Group tadi dijelaskan 4 fase habits:
Tanda - Rutinitas - Hadiah - Mengidam

Pada fase tanda, seseorang ingin melakukan sesuatu ketika mereka melihat 'tanda', contoh: melihat jam. Ketika jam menunjukkan pukul 1, itu saatnya makan siang. Kita diajarkan sedari kecil bahwa pada pukul 1 kita harus makan siang.

Fase selanjutnya, rutinitas, yaitu ketika hal tersebut kita lakukan berulang2 dan lama kelamaan menjadi sebuah rutinitas.

Di fase ketiga, kita akan mendapatkan hadiah / reward, atas hal yang kita lakukan ini. Misal, lihat jam 1, makan, maka rewardnya akan kenyang.

Dan pada fase terakhir, yaitu mengidam, kita akan mulai kecanduan dan tidak bisa meninggalkan hal tersebut. Contoh, ketika jam sudah melewati jam 1, jika kita belum juga makan siang, maka keinginan untuk makan akan meningkat.

Nah contoh makan siang pada jam 1 merupakan contoh yang baik. Namun terkadang ada juga habits buruk yang secara tidak sadar, terus kita jalani.
Apa saja sih contoh habits baik yang harus kita miliki? Ingat saja 3S.
1. Supplication
S yang pertama maksudnya adalah beranilah meminta. Meminta di sini dimaksudkan pada yang kuasa, sesuai agama kita masing2. Saya, sebagai seorang Katolik, diajarkan untuk berani meminta kepada Tuhan, karena Bapa di Surga sangat kaya dan mampu mengabulkan segala keinginan kita. Namun perlu digarisbawahi juga bahwa tidak semua keinginan kita tepat. Percayalah bahwa Tuhan akan mengabulkan di saat yang paling tepat. Jadi jangan takut untuk meminta :)
2. Simplicity
S yang kedua mau memotivasi kita untuk stay simple, terutama dalam melihat kehidupan. Ada banyak hal di dunia ini yang mungkin tidak seperti yang kita harapkan, kita pun mungkin memiliki standar tersendiri tentang kebahagiaan. Nah, ada baiknya kita selalu bersyukur akan hal-hal kecil, maka kita akan selalu bahagia.
3. Service
S yang terakhir ingin mengingatkan kita bahwa melayani juga sangat penting untuk kita biasakan. Banyak orang-orang yang sangat puas kita mendapatkan pelayanan yang wah, banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan pelayanan. Nah, untuk mencapai kesuksesan, isilah hari2 kita dengan melayani, termasuk berbagi. Pasti mau dong ketika kita menghasilkan sesuatu, menjual sesuatu, atau berada di suatu posisi, dan orang2 berlomba-lomba ingin berada di dekat kita?

Sekian sharing saya untuk hari ini. Tunggu apalagi? Ayo bentuk habits positif dalam diri kita :)

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Connect with me

Agatha Gabriele



Instagram @agiigaby


@agiigaby

Lihat profil LinkedIn Agatha GabrieleLihat profil Agatha Gabriele

Share your comments

Subscribe