What plan do you have for your life?

15:37

Hello guys!

Kalau ditanya kalian mau jadi apa, kalian bisa jawab ga?
mungkin ada yg bilang mau jadi dokter, mau jadi karyawan, mau jadi pengusaha.
Tapi... Apakah itu cukup? Tidak!

Jadi dokter apa? yg kerja dimana? di lingkungan seperti apa? karyawan di perusahaan apa? pengusaha apa?

Pada kesempatan kali ini, gw mau ajak temen2 untuk sama2 membuat Individual Development Plan, atau yang biasa disingkat dengan IDP. Tujuan IDP adalah untuk membantu teman2 untuk fokus mencapai goal teman2, dan tentunya mengetahui step2 apa yang teman2 perlukan untuk mencapai goal tersebut.

Pertama, tentukan Big Goal teman2. Misal, saya ingin menjadi PR di PT Astra International pada Juli 2015.
Lalu tentukan step-step yang teman2 butuhkan, mulai dari yang terkecil, dan kenali posisi teman2 saat ini. Misal, untuk bisa melamar kerja, saya harus lulus kuliah, wisuda, membuat CV yang menjual, melamar kerja, dipanggil interview, dan sebagainya.

Dari step2 tersebut, jabarkan support apa yang teman2 butuhkan untuk bisa menyelesaikan step2 itu. Misal, untuk wisuda, saya perlu uang sejumlah XX untuk pendaftaran wisuda, untuk membuat CV yang tepat, saya perlu bantuan senior saya untuk memeriksanya, dan sebagainya.

Setelah itu, siapkan step2 lainnya yang sekiranya mungkin terjadi pada teman2, seperti, biasanya teman lain mengajak liburan atau main, sehingga waktu yang harusnya saya siapkan untuk membuat CV menjadi berkurang, maka step nya adalah, memaksimalkan hari Sabtu pagi yang biasanya untuk bangun siang, namun untuk membuat CV.

IDP ini dapat ditambahkan dan diperbaharui kapanpun.
Bagaimana? Sudah siap membuatnya?
Semangat meraih impian Anda!

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Connect with me

Agatha Gabriele



Instagram @agiigaby


@agiigaby

Lihat profil LinkedIn Agatha GabrieleLihat profil Agatha Gabriele

Share your comments

Subscribe